P enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMAN 2 Sirenja melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes berpikir kritis. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 41,17% menjadi 88,2%, sedangkan daya serap klasikal meningkat dari 64,26% menjadi 80,8%. Aktivitas guru dan siswa juga menunjukkan peningkatan, yang mencerminkan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Selain itu, indikator berpikir kritis seperti kemampuan analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah mengalami perkembangan yang positif. Dengan demikian, penerapan model Project Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, kolaboratif, dan kontekstual. Selengkapnya lihat pada link ini https://univtadulako-my.sharepoint.com/:b:/g/personal/astija_untad_ac_id/EbLgM-Rfhw1Nn08ZZsZWzksB0-SbmdvlYtiyszXoSKzfUg?e=5dC9hd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar